DAFTAR PERIKSA
KESIAPAN UJICOBA PTM TERBATAS:
1.
Ketersediaan
Sarana ProtokolKesehatan
SARANA |
URAIAN |
YA |
TDK |
Sarana
CTPS |
Tersedia
kecukupan |
|
|
b.
Sarana CTPS |
|
|
|
c.
Sabun cuci tangan |
|
|
|
d.
Air bersih di setiap fasilitas CTPS |
|
|
|
e.Cairan Pembersih tangan (Hand
sanitizer) |
|
|
|
Masker |
Tersedia
kecukupan maskercadangan |
|
|
Perlengkapan
disinfeksi |
Tersedia kecukupan |
|
|
f. Cairan disinfektan |
|
|
|
g. Sarung tangan |
|
|
|
h. Masker |
|
|
|
i. Alat pnyemprot |
|
|
|
Sarana Kebersihan |
Tersedia kecukupan alat kebersihan (sapu, kemoceng,
lap, alat pengepel, ember,dll |
|
|
Thermogun (pengukur suhu tembak) |
1. Jumlah mencukupi |
|
|
2. Berfungsi dengan baik |
|
|
SARANA |
URAIAN |
YA |
TDK |
Kondisi
Kelas |
1.Pengaturan meja/bangku berjarak 1,5meter |
|
|
2. Terdapat
pengaturan jumlah peserta didik agar tidak melebihi batas maksimal (50% dari jumlah siswa) |
|
|
|
3.Memiliki ventilasi untuk sirkulasi
udara yang baik |
|
|
|
4.Memiliki pencahayaan yang baik |
|
|
|
5.Terdapat tempat sampah di setiapkelas |
|
|
|
6.
Terdapat sarana cuci tangan pakai sabun dan air mengalir |
|
|
|
· Tersedia
airmengalir |
|
|
|
·
Tersediasabun |
|
|
|
· Tersedia KIE langkah- langkah cuci tangan |
|
|
|
7.Terdapat kegiatan pembersihan dan desinfeksi
harian |
|
|
Kantin/ Ruang Makan |
1.
Terdapat sarana cuci tangan pakai sabun dan air mengalir |
|
|
·
Tersedia
airmengalir |
|
|
|
· Tersediasabun |
|
|
|
· Tersedia KIE langkah- langkah cuci tangan |
|
|
|
2.
Tersedia pemberian label untuk pengaturan tempat duduk dan antriuntuk menjamin jaga jarak |
|
|
|
|
3.
Kodisi kantin bersih |
|
|
4. Kantin hanya
menjual makanan yang sehat dan bergizi (tidak berbahaya: tidak mengandung
pewarna, perasa, pengawet berbahaya, dantidak kadaluwarsa) |
|
|
|
5.
Pencahayaan baik |
|
|
|
6.
Ventilasi baik |
|
|
|
7.
Penyajian makanan tertutup |
|
|
|
8.Tersedia tempat sampah tertutup |
|
|
|
9.Tersedia air bersih bersih untuk mencuci
peralatanmasak |
|
|
|
10.
Penjamah makanan memakai penutup
kepala, celemek, dan masker |
|
|
|
Toilet |
1.
Kondisi bersih |
|
|
2. Toilet memiliki dinding, atap, dapat
dikunci dari dalam dan mudah dibersihkan |
|
|
|
3.
Tersedia air bersih pada setiap unit |
|
|
|
4.
Terdapat tempat sampah tertutup |
|
|
|
5.
Menggunakan jamban leher angsa |
|
|
|
6. Tersedia toilet terpisah antara
laki – laki dan perempuan: ·
SD/MI
: 1/60 peserta didik laki laki dan 1/50 peserta didik perempuan ·
SMP/MTs dan SMA/SMK/MA/MAK : 1/40 peserta didik
laki lakidan 1/30 peserta
didik perempuan |
|
|
|
7.
Dekat dengan tempat
cuci tangan pakai sabun yang dapat berfungsi denganbaik |
|
|
|
|
|
|
|
Ruang Ibadah |
1.
Kondisi bersih |
|
|
|
2. Karpet digulung,
dibuka pada saat pelaksanaan sholat
berjamaah walaupun setiap jamaah/warga satuan pendidikan diwajibkan
membawasajadah dan alat ibadah masing – masing |
|
|
|
3.
Memiliki pencahayaan yang baik |
|
|
4.
Memiliki ventilasi sirkulasi udara yang baik (jendela dibuka semua saat
pelaksanaan sholat berjamaah) |
|
|
|
5.
Terdapat label pengaturan jaga jarak minimal 1,5 meter |
|
|
|
Ruang
UKS/ Poskestren |
1.
Kondisi bersih |
|
|
2.
Tersedia tempat tidur, meja dan kursi |
|
|
|
3. Tersedia sarana cuci tangan pakai sabun
dan air mengalir |
|
|
|
4.
Tersedia tempat sampah tertutup |
|
|
|
5.
Memiliki pencahayaan yang baik |
|
|
|
6. Memiliki ventilasi sirkulasi
udara yang
baik |
|
|
|
7.
Tersedia perlengkapan P3K |
|
|
|
8.
Tersedia peralatan kesehatan sesuai dengan Buku Panduan Pembinaan UKS
Kemendikbud: tensimeter,termometer, timbangan
berat badan, pengukur tinggi badan danperalatan lainnya |
|
|
|
9. Tersedia obat obatan sederhana sesuai dengan Buku PanduanPembinaan UKS Kemendikbud |
|
|
|
10.Tersedia masker cadangan, dan/ataumasker tembuspandang
cadangan |
|
|
|
Ruangan Lainnya di satuan
Pendidikan (Laboratorium, ruang ganti, ruang guru, bengkeldll) |
1.
Kondisi bersih |
|
|
2. Terdapat label pengaturan
jarak minimal
1,5 meter. |
|
|
|
3.
Memiliki pencahayaan yang baik. |
|
|
|
4. Memiliki ventilasi untuk
sirkulasiudara yang baik. |
|
|
|
5.
Terdapat tempat sampah. |
|
|
|
6. Untuk ruang ganti terdapat
sarana untuk menyimpanpakianganti (loker). |
|
|
|
|
7.
Tersedia hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70% di
tempat-tempat yang diperlukan (seperti pintu masuk, ruang aula, ruang guru,
perpustakaan,dll) sebagai
alternatif apabila sarana cuci tangan terbatas |
|
|
|
|
|
|
Sarana Luar Kelas |
1.
Kondisi bersih. |
|
|
2.
Terdapat Label Pengaturan minimal Terdapat label pengaturan jarak
minimal 1,5 meter. |
|
|
|
3.
Terdapat media KIE pecegahanCOVID-19 dan perilaku sehat di lokasi strategis. |
|
|
|
4.
Terdapat pengaturan lalu lintas 1 (satu) arah di lorong/koridor dan tangga. Jika tidak memungkinkan,
memberikan batas pemisah dan penanda arah jalur di lorong/koridordan tangga. |
|
|
|
Prasarana
Lain |
1. Tersedia
areapengantaran/penjemputan dengan pengaturan
jaga jarak. |
|
|
2. Terdapat area atau
ruang transit di dekat pintu gerbang masuk satuan pendidikan jika terdapat
warga satuan pendidikan yang tidak lolos skrining kesehatan sebelum
dijemput/kembalike rumah. |
|
|
|
Peraturan dan Layanan |
1.
Tersedia protokol kesehatan bagi pengantar, penjemput, tamu. |
|
|
2. Terdapat informasi perilaku pencegahan COVID-19. |
|
|
|
3. Terdapat peraturan akses ke fasilitas
pelayanan kesehatan dan rujukan. |
|
|
|
|
4.Terdapat peraturan pencegahan
perundungan. |
|
|
5.Terdapat peraturan dan layanan
psikososial. |
|
|
2.
Ketersediaan
Data Warga Satuan Pendidikan
NO |
URAIAN |
YA |
TDK |
1 |
Data
seluruh warga satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas |
|
|
2 |
Data
seluruh warga satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran dari rumah |
|
|
3 |
Data seluruh warga satuan pendidikan
dengan kondisi sakit |
|
|
4 |
Data
seluruh warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid |
|
|
5 |
Data
yang tidak boleh melakukan pembelajaran tatap muka bukan karena alasan
kesehatan (misalnya karena akses transportasi) |
|
|
6 |
Data seluruh warga satuan
pendidikan yang sedang
melakukan isolasi mandiri, dll |
|
|
7 |
Dll |
|
|
4.
Sebelum
MulaiPembelajaran
NO |
URAIAN |
YA |
TDK |
1 |
Melakukan
desinfeksi sarana prasarana dan lingkungan satuan pendidikan |
|
|
2 |
Melakukan pemantauan kesehatan
kesehatan warga satuan pendidikan: suhu tubuh dan menanyakan adanya gejala
batuk, pilek, sakit tenggorokandan/atau sesak nafas |
|
|
3 |
Memastikan penggunaan masker dengan benar |
|
|
4 |
Memastikan
pelaksanaan CTPS |
|
|
4.
Setelah
SelesaiPembelajaran
NO |
URAIAN |
YA |
TDK |
1 |
Melakukan
desinfeksi sarana prasarana dan lingkungan satuan pendidikan |
|
|
2 |
Memastikan kecukupan cairan
disinfektan, sabun cuci tangan, air bersih di setiap fasilitas CTPS dan
cairan pembersih tangan (hand
sanitizer), |
|
|
3 |
Memastikan ketersediaan masker
cadangan dan/atau
masker tembus pandang. |
|
|
4 |
Memastikan
thermo gun (pengukur suhu tubuh tembak) berfungsi dengan baik |
|
|
5 |
Melaporkan hasil pemantauan kesehatan
kesehatanwargasatuanpendidikanharian kepada
Kepala Satuan Pendidikan |
|
|
G.
DAFTAR
ISIAN PERILAKU
Warga
Satuan Pendidikan (Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, Warga Lain
dalam Satuan Pendidikan, Termasuk Tamu danPengantar/Penjemput)
1.
Sebelum
Berangkat sampai Kembali keRumah
NO |
POSISI |
AKTIFITAS |
YA |
TDK |
1 |
Sebelum berangkat |
Sarapan/konsumsi
giziseimbang. |
|
|
|
|
Memastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak |
|
|
|
|
memiliki gejala: suhu 37,30C, atau keluhan batuk, pilek,
sakit tenggorokan,dan/atau sesak nafas. |
|
|
Menggunakan masker kain 3
(tiga) lapis atau 2 (dua)lapis yang di dalamnyadiisi tisu dengan baik. |
|
|
|
|
|
||
Membawa masker cadangan serta membawa pembungkus untuk masker kotor. |
|
|
||
Membawa cairan pembersih tangan (hand
sanitizer). |
|
|
||
Membawa makanan beserta alat makan dan air minumsesuai kebutuhan. |
|
|
||
|
|
|
|
|
2 |
Selama di
perjalanan |
Menggunakan masker dan tetap menjaga
jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter. |
|
|
|
|
Menghindari menyentuh permukaan
benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, dan menerapkan etika
batuk dan bersin
setiap waktu. |
|
|
Membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan transportasipublik/antar- jemput. |
|
|
||
|
|
|
|
|
3 |
Sebelum
masuk
gerbang |
Pengantaran dilakukan di lokasi yang telah ditentukan. |
|
|
Mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi: pengukuran suhu tubuh,
gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas. |
|
|
|
|
Melakukan CTPS sebelum memasuki
gerbang satuan pendidikan dan ruang kelas. |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Selama kegiatan
belajar mengajar |
Menggunakan masker dan menerapkan jaga
jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter. |
|
|
Menghindari menyentuh permukaan
benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, serta menerapkan etika
batuk dan bersin. |
|
|
||
Menggunakan alat belajar, alat musik, dan alat makan minum pribadi. |
|
|
||
Tidak pinjam-meminjam peralatan sekolah |
|
|
||
|
|
|
|
|
5 |
Selesai kegiatan
belajar mengajar |
Tetap menggunakan masker dan melakukan
CTPS Sebelum meninggalkan ruang
kelas. |
|
|
|
|
Keluar ruangan kelas
dan satuan pendidikan dengan berbaris sambil menerapkan jaga jarak minimal 1,5
(satukoma lima) meter. |
|
|
Tidak berkerumun saat menunggu kendaraan Pulang |
|
|
||
|
|
|
|
|
6 |
Perjalanan pulang Dari satuan pendidikan |
Menggunakan masker dan tetap jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter. |
|
|
|
|
Menghindari menyentuh permukaan
benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, serta |
|
|
|
|
menerapkan etika batuk dan bersin. |
|
|
Membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan
transportasipublik/antar- jemput. |
|
|
||
|
|
|
|
|
7 |
Setelah sampai di rumah |
Melepas alas kaki, mele- takan barang-barang yang
dibawa di luar ruangan dan melakukan disinfeksi terhadap barang-barang
tersebut, misalnya sepatu, tas, jaket, dan lainnya. |
|
|
Membersihkan diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinte- raksi
fisik denganorang lain di dalam rumah. |
|
|
||
Tetap melakukan PHBS khususnya CTPS secara rutin. |
|
|
||
Segera melaporkan kepada
Satuan Tugas jika mengalami gejala umum seperti
suhu tubuh 37,3° celcius atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan dan atau sesak nafas. |
|
|
NO |
AKTIFITAS |
YA |
TDK |
1 |
Warga
satuan pendidikan melakukan CTPS secara rutin: -
sebelum masuk dan keluar dari ruangan. -
sebelum dan setelah makan. -
sebelum dan setelah beribadah. -
sebelum dan setelah menggunakan
toilet. -
saat upacara dilapangan. -
saat olah raga, pramuka, aktivitas |
|
|
|
pembelajaran. - danlain-lain. |
|
|
2 |
Warga satuan pendidikan selalu menggunakan masker selama di
lingkungan satuan pendidikan. |
|
|
3 |
Warga satuan pendidikan
menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter di lingkungan satuan
pendidikan. -
belajar di
dalamkelas. -
makan. -
beribadah. -
berolahraga. -
dan lainlain. |
|
|
4 |
Warga satuan pendidikan meletakkan
buku/alat praktikum pada tempat yang telah
disediakan. |
|
|
5 |
Warga satuan pendidikan menggunakan
alat pribadi/tidak pinjam meminjamsaat: -
belajar di
dalamkelas. -
makan. -
beribadah. -
berolahraga. -
dan lainlain. |
|
|
6 |
Warga satuan pendidikan menghindari kebiasaan bersentuhan, bersalaman, bercium
pipi, dan cium tangan. |
|
|
7 |
Warga
satuan pendidikan berjalan sendiri- sendiri mengikuti arah jalur yang ditentukan. |
|
|
8 |
Warga satuan
pendidikan tidak berkumpul atau berkerumun: -
di dalamkelas. -
diperpustakaan. -
dilaboratorium. -
ditangga. -
dilorong. -
dikantin. -
ditoilet. -
danlain-lain. |
|
|
9 |
Warga satuan pendidikan melaksanakan
olah raga dengan menggunakan masker dan hanya intensitas ringan sampai dengan
sedang dengan indikator saatberolahraga masih dapat
berbicara. |
|
|
10 |
Dll. |
|
|
3. Tamu dan
Pengantar/Penjemput
NO |
POSISI |
AKTIFITAS |
YA |
TDK |
1 |
Lingkungan Satuan Pendidikan |
Dalam kondisi sehat dan tidak
memiliki gejala: suhu 37,3oC, atau keluhan |
|
|
|
|
batuk, pilek,
sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas. |
|
|
Menggunakan
masker. |
|
|
||
Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
atau membawa cairan pembersih
tangan(hand sanitizer). |
|
|
||
Jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima)meter. |
|
|
||
Menggunakan area pengantaran/penjemputan
yang sudahditentukan. |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar