VISI SDN KEDUNGOLENG 05: Mewujudkan Siswa Yang Unggul Dalam Prestasi, Jujur, Disiplin, Religius Dan Santun Dalam Pekerti Serta Berwawasan Lingkungan

DAFTAR PERIKSA KESIAPAN UJICOBA PTM TERBATAS

 

DAFTAR PERIKSA KESIAPAN UJICOBA PTM TERBATAS:

1.     Ketersediaan Sarana ProtokolKesehatan

SARANA

URAIAN

YA

TDK

Sarana CTPS

Tersedia kecukupan

 

 

b. Sarana CTPS

 

 

c. Sabun cuci tangan

 

 

d. Air bersih di setiap fasilitas

CTPS

 

 

e.Cairan           Pembersih        tangan (Hand sanitizer)

 

 

Masker

Tersedia kecukupan maskercadangan

 

 

Perlengkapan disinfeksi

Tersedia kecukupan

 

 

f. Cairan disinfektan

 

 

g. Sarung tangan

 

 

h. Masker

 

 

i. Alat pnyemprot

 

 

Sarana Kebersihan

Tersedia           kecukupan             alat

kebersihan         (sapu,       kemoceng, lap, alat pengepel, ember,dll

 

 

Thermogun

(pengukur suhu tembak)

1. Jumlah mencukupi

 

 

2. Berfungsi dengan baik

 

 

 

 

 

SARANA

URAIAN

YA

TDK

Kondisi Kelas

1.Pengaturan meja/bangku berjarak 1,5meter

 

 

2. Terdapat pengaturan jumlah peserta didik agar tidak melebihi batas maksimal (50% dari jumlah siswa)

 

 

3.Memiliki             ventilasi            untuk

sirkulasi udara yang baik

 

 

4.Memiliki          pencahayaan           yang baik

 

 

5.Terdapat          tempat       sampah       di setiapkelas

 

 

6. Terdapat sarana cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

 

 

·      Tersedia airmengalir

 

 

·      Tersediasabun

 

 

·      Tersedia           KIE        langkah- langkah cuci tangan

 

 

7.Terdapat                                 kegiatan pembersihan dan desinfeksi harian

 

 


 

Kantin/ Ruang Makan

1. Terdapat sarana cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

 

 

·      Tersedia airmengalir

 

 

·      Tersediasabun

 

 

·      Tersedia           KIE        langkah- langkah cuci tangan

 

 

2. Tersedia pemberian label untuk pengaturan tempat duduk dan antriuntuk

menjamin jaga jarak

 

 

 

3. Kodisi kantin bersih

 

 

4. Kantin hanya menjual makanan yang sehat dan bergizi (tidak berbahaya: tidak mengandung pewarna, perasa, pengawet berbahaya, dantidak

kadaluwarsa)

 

 

5. Pencahayaan baik

 

 

6. Ventilasi baik

 

 

7. Penyajian makanan tertutup

 

 

8.Tersedia              tempat           sampah tertutup

 

 

9.Tersedia           air       bersih  bersih untuk  mencuci peralatanmasak

 

 

10. Penjamah makanan memakai

penutup kepala, celemek, dan masker

 

 

Toilet

1. Kondisi bersih

 

 

2. Toilet       memiliki      dinding,      atap,

dapat dikunci dari dalam dan mudah dibersihkan

 

 

3. Tersedia air bersih pada setiap unit

 

 

4. Terdapat tempat sampah tertutup

 

 

5. Menggunakan jamban leher angsa

 

 

6. Tersedia toilet terpisah antara laki

– laki dan perempuan:

·         SD/MI : 1/60 peserta didik laki laki dan 1/50 peserta didik perempuan

·         SMP/MTs                                dan SMA/SMK/MA/MAK : 1/40 peserta   didik   laki   lakidan

1/30 peserta didik perempuan

 

 

7. Dekat  dengan  tempat  cuci tangan pakai sabun yang dapat berfungsi denganbaik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Ibadah

1. Kondisi bersih

 

 

 

2. Karpet digulung, dibuka  pada saat pelaksanaan sholat berjamaah walaupun setiap jamaah/warga satuan pendidikan diwajibkan membawasajadah

dan alat ibadah masing masing

 

 

 

3. Memiliki pencahayaan yang baik

 

 

4. Memiliki ventilasi sirkulasi udara yang baik (jendela dibuka semua saat pelaksanaan sholat

berjamaah)

 

 

5. Terdapat label pengaturan jaga jarak minimal 1,5 meter

 

 

Ruang UKS/

Poskestren

1. Kondisi bersih

 

 

2. Tersedia tempat tidur, meja dan kursi

 

 

3. Tersedia sarana cuci tangan pakai

sabun dan air mengalir

 

 

4. Tersedia tempat sampah tertutup

 

 

5. Memiliki pencahayaan yang baik

 

 

6. Memiliki ventilasi sirkulasi udara

yang baik

 

 

7. Tersedia perlengkapan P3K

 

 

8. Tersedia peralatan kesehatan sesuai dengan Buku Panduan Pembinaan UKS Kemendikbud: tensimeter,termometer, timbangan berat badan, pengukur tinggi badan danperalatan

lainnya

 

 

9. Tersedia obat obatan sederhana sesuai      dengan Buku PanduanPembinaan UKS Kemendikbud

 

 

10.Tersedia           masker          cadangan, dan/ataumasker tembuspandang cadangan

 

 

Ruangan Lainnya            di satuan Pendidikan (Laboratorium, ruang ganti, ruang guru, bengkeldll)

1. Kondisi bersih

 

 

2. Terdapat label pengaturan jarak

minimal 1,5 meter.

 

 

3. Memiliki pencahayaan yang baik.

 

 

4. Memiliki ventilasi untuk sirkulasiudara yang baik.

 

 

5. Terdapat tempat sampah.

 

 

6. Untuk           ruang      ganti     terdapat sarana untuk menyimpanpakianganti (loker).

 

 

 

7. Tersedia hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70% di tempat-tempat yang diperlukan (seperti pintu masuk, ruang aula, ruang guru, perpustakaan,dll)

sebagai alternatif apabila sarana cuci tangan terbatas

 

 

 

 

 

 

 

Sarana Luar Kelas

1. Kondisi bersih.

 

 

2. Terdapat            Label         Pengaturan minimal Terdapat label pengaturan jarak minimal 1,5 meter.

 

 

3. Terdapat media KIE pecegahanCOVID-19 dan perilaku sehat di lokasi strategis.

 

 

4. Terdapat pengaturan lalu lintas 1 (satu) arah di lorong/koridor dan tangga.           Jika      tidak memungkinkan, memberikan batas pemisah dan penanda arah jalur di lorong/koridordan

tangga.

 

 

Prasarana Lain

1.      Tersedia areapengantaran/penjemputan dengan

pengaturan jaga jarak.

 

 

2. Terdapat area atau ruang transit di dekat pintu gerbang masuk satuan pendidikan jika terdapat warga satuan pendidikan yang tidak lolos skrining kesehatan sebelum dijemput/kembalike

rumah.

 

 

Peraturan     dan Layanan

1. Tersedia protokol kesehatan bagi pengantar, penjemput, tamu.

 

 

2. Terdapat           informasi         perilaku pencegahan COVID-19.

 

 

3. Terdapat         peraturan        akses       ke

fasilitas pelayanan kesehatan dan rujukan.

 

 

 

4.Terdapat                               peraturan

pencegahan perundungan.

 

 

5.Terdapat               peraturan              dan

layanan psikososial.

 

 

 

 

2.      Ketersediaan Data Warga Satuan Pendidikan

 

NO

URAIAN

YA

TDK

1

Data seluruh warga satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas

 

 

2

Data seluruh warga satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran dari rumah

 

 

3

Data       seluruh        warga       satuan        pendidikan dengan kondisi sakit

 

 

4

Data seluruh warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid

 

 

5

Data yang tidak boleh melakukan pembelajaran tatap muka bukan karena alasan kesehatan (misalnya karena akses

transportasi)

 

 

6

Data seluruh warga satuan pendidikan yang

sedang melakukan isolasi mandiri, dll

 

 

7

Dll

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.        Sebelum MulaiPembelajaran

NO

URAIAN

YA

TDK

1

Melakukan desinfeksi sarana prasarana dan lingkungan satuan pendidikan

 

 

2

Melakukan pemantauan kesehatan kesehatan warga satuan pendidikan: suhu tubuh dan menanyakan adanya gejala batuk, pilek, sakit tenggorokandan/atau

sesak nafas

 

 

3

Memastikan         penggunaan         masker       dengan benar

 

 

4

Memastikan pelaksanaan CTPS

 

 

 

 

4.        Setelah SelesaiPembelajaran

NO

URAIAN

YA

TDK

1

Melakukan desinfeksi sarana prasarana dan lingkungan satuan pendidikan

 

 

2

Memastikan kecukupan cairan disinfektan, sabun cuci tangan, air bersih di setiap fasilitas CTPS dan cairan pembersih tangan

(hand sanitizer),

 

 

3

Memastikan ketersediaan masker cadangan

dan/atau masker tembus pandang.

 

 

4

Memastikan thermo gun (pengukur suhu tubuh tembak) berfungsi dengan baik

 

 

5

Melaporkan        hasil      pemantauan         kesehatan kesehatanwargasatuanpendidikanharian

kepada Kepala Satuan Pendidikan

 

 

 

G.            DAFTAR ISIAN PERILAKU

Warga Satuan Pendidikan (Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, Warga Lain dalam Satuan Pendidikan, Termasuk Tamu danPengantar/Penjemput)

 

1.      Sebelum Berangkat sampai Kembali keRumah

NO

POSISI

AKTIFITAS

YA

TDK

1

Sebelum

berangkat

Sarapan/konsumsi giziseimbang.

 

 

 

 

Memastikan           diri       dalam

kondisi       sehat       dan     tidak

 

 

 

 

memiliki gejala: suhu 37,30C, atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan,dan/atau

sesak nafas.

 

 

 

 

Menggunakan                 masker

kain 3 (tiga) lapis atau 2 (dua)lapis   yang    di dalamnyadiisi tisu dengan baik.

 

 

 

 

 

Membawa                       masker cadangan serta membawa pembungkus     untuk

masker kotor.

 

 

Membawa                          cairan

pembersih         tangan       (hand sanitizer).

 

 

Membawa                   makanan beserta alat makan dan air minumsesuai

kebutuhan.

 

 

 

 

 

 

 

2

Selama

di perjalanan

Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 (satu koma

lima) meter.

 

 

 

 

Menghindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, dan menerapkan etika batuk

dan bersin setiap waktu.

 

 

Membersihkan                 tangan sebelum     dan                        sesudah menggunakan transportasipublik/antar-

jemput.

 

 

 

 

 

 

 

3

Sebelum masuk gerbang

Pengantaran  dilakukan di lokasi      yang    telah

ditentukan.

 

 

Mengikuti            pemeriksaan  kesehatan meliputi: pengukuran suhu tubuh, gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan,                   dan/atau

sesak nafas.

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan CTPS sebelum memasuki gerbang satuan pendidikan dan ruang

kelas.

 

 

 

 

 

 

 

4

Selama kegiatan belajar mengajar

Menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satu koma

lima) meter.

 

 

Menghindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, serta menerapkan etika batuk

dan bersin.

 

 

Menggunakan alat belajar, alat          musik,  dan              alat

makan minum pribadi.

 

 

Tidak        pinjam-meminjam

peralatan sekolah

 

 

 

 

 

 

 

5

Selesai kegiatan belajar mengajar

Tetap                 menggunakan masker dan melakukan CTPS

Sebelum meninggalkan

ruang kelas.

 

 

 

 

Keluar ruangan kelas dan satuan pendidikan dengan berbaris                sambil menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satukoma

lima) meter.

 

 

Tidak       berkerumun           saat menunggu kendaraan Pulang

 

 

 

 

 

 

 

6

Perjalanan pulang

Dari satuan

pendidikan

Menggunakan masker dan tetap jaga jarak minimal 1,5         (satu         koma     lima)

meter.

 

 

 

 

Menghindari           menyentuh  permukaan benda-benda, tidak  menyentuh hidung,

mata, dan mulut, serta

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

menerapkan        etika     batuk

dan bersin.

 

 

Membersihkan               tangan sebelum dan sesudah menggunakan transportasipublik/antar-

jemput.

 

 

 

 

 

 

 

7

Setelah sampai di rumah

Melepas alas kaki, mele- takan barang-barang yang dibawa di luar ruangan dan melakukan disinfeksi terhadap barang-barang tersebut, misalnya sepatu,

tas, jaket, dan lainnya.

 

 

Membersihkan                      diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinte- raksi fisik denganorang

lain di dalam rumah.

 

 

Tetap      melakukan         PHBS khususnya        CTPS       secara

rutin.

 

 

Segera melaporkan kepada Satuan Tugas jika mengalami gejala umum seperti suhu tubuh 37,3° celcius atau keluhan batuk,     pilek, sakit tenggorokan dan atau sesak nafas.

 

 

 

 

 

 

NO

AKTIFITAS

YA

TDK

1

Warga satuan pendidikan melakukan CTPS secara rutin:

-          sebelum        masuk        dan       keluar        dari ruangan.

-          sebelum dan setelah makan.

-          sebelum dan setelah beribadah.

-          sebelum       dan      setelah       menggunakan toilet.

-          saat upacara dilapangan.

-          saat      olah      raga,      pramuka,        aktivitas

 

 

 

 

 

pembelajaran.

-     danlain-lain.

 

 

2

Warga satuan pendidikan selalu menggunakan masker selama di lingkungan satuan pendidikan.

 

 

3

Warga satuan pendidikan menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima)

meter di lingkungan satuan pendidikan.

-          belajar di dalamkelas.

-          makan.

-          beribadah.

-          berolahraga.

-          dan lainlain.

 

 

4

Warga        satuan          pendidikan           meletakkan buku/alat                   praktikum    pada    tempat   yang

telah disediakan.

 

 

5

Warga       satuan        pendidikan         menggunakan alat pribadi/tidak pinjam meminjamsaat:

-          belajar di dalamkelas.

-          makan.

-          beribadah.

-          berolahraga.

-          dan lainlain.

 

 

6

Warga        satuan pendidikan                  menghindari kebiasaan                  bersentuhan,                            bersalaman,

bercium pipi, dan cium tangan.

 

 

7

Warga satuan pendidikan berjalan sendiri- sendiri  mengikuti                     arah                     jalur         yang

ditentukan.

 

 

8

Warga satuan pendidikan tidak berkumpul atau berkerumun:

-          di dalamkelas.

-          diperpustakaan.

-          dilaboratorium.

-          ditangga.

-          dilorong.

-          dikantin.

-          ditoilet.

-          danlain-lain.

 

 

9

Warga satuan pendidikan melaksanakan olah raga dengan menggunakan masker dan hanya intensitas ringan sampai dengan sedang dengan indikator saatberolahraga

masih dapat berbicara.

 

 

10

Dll.

 

 

 

3. Tamu dan Pengantar/Penjemput

NO

POSISI

AKTIFITAS

YA

TDK

1

Lingkungan Satuan

Pendidikan

Dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala: suhu

37,3oC,           atau          keluhan

 

 

 

 

batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas.

 

 

Menggunakan masker.

 

 

Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau membawa cairan pembersih tangan(hand

sanitizer).

 

 

Jaga       jarak       minimal        1,5 (satu koma lima)meter.

 

 

Menggunakan                         area pengantaran/penjemputan yang sudahditentukan.

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


LOGO SEKOLAH

Tamu

Label

2013 (1) 2021 (1) affirmasi (1) akreditasi (7) akreditasi2016 (1) akreditasi2022 (1) alokasi (1) alumni (2) anbk (1) anbk2022 (1) anbk2023 (1) arkas (1) aset (4) bantuan (10) bias (1) bintek (1) bos (8) bos2020 (4) bos2021 (9) calung (1) cgp (10) corona (13) covid19 (18) dapodik (2) darurat (1) data guru (1) dikdas (1) donasi (1) drumband (10) festival (1) galery (15) gedungsekolah (1) gerakjalan (4) guru (5) gurupenggerak (4) haornas2024 (1) hardiknas (2) hari besar (34) harisantri (4) hutri (2) idulfitri (4) imunisasi (2) Islam (2) jadwal (1) jampelajaran (1) kartini (1) karya ilmiah (1) kbm (24) keagamaan (19) kedungoleng (2) kegiatan (23) kemah (7) kisi-kisi (1) kmd (1) kompetensi guru (1) kondisi (1) kurikulum (10) kurikulum 2013 (1) labelisasi (1) libur (1) lingkungan (1) literasi (1) lomba (17) lomba mapsi2024 (2) lombamapsi (9) lombamapsi2022 (1) lombamapsi2023 (3) makalah (1) mapsi (1) marchingband (3) mars (1) marssdnkedungoleng05 (1) NISN (1) olahraga (2) p3k (1) pagar (1) paguyangan (3) palestina (1) pas (3) pelatihan (1) pembelian (2) pendidikan dasar (1) pengecatan (1) penilaian (2) penyemprotan (1) perawatan (6) perpisahan (14) perpisahan2023 (1) perpisahan2024 (1) perpisahanguru (7) perpisahankelas (9) pesantren kilat (15) pgri (5) piknik (3) pip (24) POPDA2023 (1) ppdb (1) praktik (5) praktikpai (5) pramuka (13) presentasi (2) profil (9) PTS (3) puasa (1) ramadhan (2) ramadhan2024 (1) rapatsekolah (3) rapatwalimurid (7) rehab (4) roleplay (1) sarana (34) sd paguyangan (1) sdnkedungoleng05 (2) sehat (1) sekolah dasar (3) seragampramuka (1) sertifikasi (1) siswa (20) soal (1) sticker (1) study tour (12) tanah (2) temansebaya (1) tenda (1) tralis (1) ujian (18) ujian2022 (3) ujian2023 (3) ujian2024 (2) upacara (15) vaksin (2) verifikasi (1)

Arsip Blog